LAMR Batang Duku Terbentuk. Sapri: Jadi Perekat dan Berperan Besar Dalam Maju Pembangunan

BUKITBATU (FULLRIAU.COM) — Kepala Desa Batang Duku, Sapri Syafi’i menegaskan kehadiran Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) desa berperan besar dalam derap pembangunan di ‎Desa. 
Terlebih lembaga adat desa berisi dari element dan tokoh masyarakat yang mengetahui seluk beluk desa, persoalan desa maupun potensi yang ada di desa tersebut,  Senin (11/9).
“LAMR dapat berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan dan mencegah serta ikut mengatasi kemungkinan terjadinya berbagai permasalahan di tengah masyarakat, serta berperan aktif membangun kebersamaan, ” ungkap Kades Batang Duku Sapri Syafi’I saat pembentukan LAMR  Desa

Karena semakin berdayanya masyarakat maka persoalan pemerintahan, pembangunan, perekonomian, sosial dan kemasyarakatan, termasuk ketenteraman dan ketertiban masyarakat akan diselesaikan dengan baik, sehingga kesejahtraan masyarakat yang terus meningkat dapat diwujudkan.Dalam pembentukan Lamr yang di pimpin langsung oleh Kades bertempat di aula kantor Desa Batang Duku, Sapri mengatakan pemberdayaan terhadap kelembagaan adat menjadi bagian yang sangat penting dan prioritas dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
“Kehadiran LAMR desa menjadi mitra pemerintah desa  serta kelembagaan lainnya, yang memiliki fungsi untuk pemberdayaan masyarakat desa. Jadi lembaga adat diharapkan bersama-sama pemerintah desa, untuk meningkatkan ketahanan pembangunan desa, pembinaan kehidupan kemasyarakat, pemberdayaan masyarakat desa,” ujar Sapri.
Ditambahkan Sapri, dirinya yakin lembaga ini akan menjadi penengah apa lagi di pimpin oleh keturunan Raja dan Tengku, tentunya membuat desa ini akan maju.
“Jalan-jalan kehulu, untuk membeli damo, batang duku akan maju, karna kito besamo” pantunnya
Turut hadir pada acara tersebut Ketua BPD Batang Duku Fatoni dan angota, Ketua LPM, Bhabinkamtibmas Brigadir Richi Sagita dan sejumlah tokoh masyarakat, terpilih sebagai MKA (majlis kerapatan adat) Raja Auzar dan Ketua harian Tengku Zakaria. (SR/FR)
Share on Google Plus

About DESA BATANG DUKU

0 komentar:

Posting Komentar